Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Siak akan melakukan pengolahan hasil pendataan
Sensus Pertanian 2023, untuk itu dibutuhkan petugas sebanyak 72 Petugas
Pengolahan dengan rincian sebagai berikut:
1. Petugas Receiving-Batching 1 Orang
2. Petugas Editing-Coding 27 Orang
3. Operator Entri 44 Orang
Pendaftaran
Calon Petugas Pengolahan ST2023 dilakukan melalui pertama Aplikasi SOBAT BPS di Playstore atau mitra.bps.go.id, lalu selanjutnya mengisi form pendaftaran di s.bps.go.id/Rekrutmen-Pengolahan-BPS-Siak.
Panduan pendaftaran aplikasi Sobat BPS di s.bps.go.id/panduan-sobat-bps-siak
Gambaran Umum Pekerjaan
1. Receiving Batching
- Menerima dan memeriksa
kelengkapan dokumen dari petugas lapangan;
- Mengelompokkan dokumen
berdasarkan kategori tertentu;
- Input penerimaan dokumen kedalam
SIPMEN (Sistem Informasi Penerimaan Dokumen);
- Pekerjaan lain yang mendukung
kegiatan pengolahan.
2. Editing Coding
- Melakukan editing, pengecekan
isian dokumen sesuai dengan aturan atau rambu-rambu kuesioner ST2023;
- Melakukan coding, pengecekan ,
dan pengkoreksian jawaban ke kode jawaban yang telah disediakan;
- Pekerjaan lain yang mendukung
kegiatan pengolahan.
3. Operator Entri
- Melakukan kegiatan memindahkan
data dari kuesioner cetak yang telah diperiksa dan dikoreksi ke aplikasi
data entri BPS (bukan Microsoft Excel) dengan menggunakan laptop/komputer;
- Bekerja sama dan berkoordinasi
dengan petugas editing-coding untuk memperbaiki kesalahan dokumen;
- Membantu melakukan evaluasi dan
perbaikan data sampai bebas dari error (kesalahan) dan ketidakwajaran;
- Pekerjaan lain yang mendukung
kegiatan pengolahan.
Persyaratan Umum Petugas Pengolahan ST2023
- Berpendidikan minimal tamat
SMA/sederajat
- Mahir mengoperasikan
komputer/laptop
- Bersedia bekerja terikat
kontrak (tidak dapat mengundurkan diri)
- Wajib mengikuti kegiatan sampai
selesai selama masa kontrak
- Sehat jasmani dan rohani
- Disiplin dan berkomitmen
- Diutamakan berdomisili di wilayah Kecamatan Siak dan Sekitarnya
- Wajib mengikuti kegiatan
pelatihan petugas pengolahan ST2023
Persyaratan Khusus Petugas Receiving & Batching
Mampu hadir setiap hari di kantor BPS Kabupaten Siak (tanpa
hari libur) mulai pukul 07.30 sd. 17.00 WIB selama kegiatan berjalan (Juli-Agustus 2023).
Persyaratan Khusus Petugas Editing & Coding
Mampu hadir setiap hari di kantor BPS Kabupaten Siak (tanpa
hari libur) mulai pukul 07.30 sd. 15.00 WIB (Shift I), 15.00 sd. 22.30 (Shift
2) selama kegiatan berjalan (Juli-Agustus 2023). Shift dapat berubah sesuai kebijakan BPS Kabupaten
Siak.
Persyaratan Khusus Petugas Operator Entri
- Diutamakan Memiliki Laptop Pribadi dengan
spesifikasi minimal:
- OS
Windows 7 ke
atas
- Processor setara
dengan minimal intel Pentium IV
- Ram
minimal 3 GB
- Storage
kosong minimal 10 GB
- Mampu hadir setiap hari di kantor
BPS Kabupaten Siak (tanpa hari libur) mulai pukul 07.30 sd. 15.00 WIB
(Shift I), 15.00 sd. 22.30 (Shift 2) selama kegiatan berjalan (Juli-September 2023). Shift dapat
berubah sesuai kebijakan BPS Kabupaten Siak.
Catatan :
- Pendaftaran
dibuka mulai tanggal 11 s.d 13 Juni 2023
- Pendaftar yang dinyatakan lulus
akan diumumkan melalui instagram/website BPS Kabupaten Siak dan akan
mengikuti tes berikutnya sesuai pengumuman (penyelenggara tidak
menghubungi pendaftar secara langsung)
- Keputusan
penyelenggara tidak dapat diganggu gugat
Jadwal Rekrutmen Petugas Pengolahan Sensus Pertanian 2023 :
1. Pendaftaran : 11 - 13 Juni 2023
2. Seleksi : 14 - 22 Juni 2023
3. Pengumuman Akhir : 23 Juni 2023
4. Pelatihan Petugas : 26 - 30 Juni 2023
5. Pelaksanaan Kegiatan : Juli - Agustus 2023, khusus operator entri Juli-September 2023